Realita
Pendidikan
Oleh: Seno Dwi P.P.
SMA Negeri 1 Giri / XI Ipa6
Pendidikan merupakan sebuah
sarana untuk membimbing dan mengarahkan para pelajar menuju sebuah kehidupan
yang baik di masa depan. Dengan pendidikan para peserta didik akan lebih
terarah dan tidak akan melakukan perilaku menyimpang apabila suatu saat nanti
terjun didalam masyarakat. Semua orang pasti membutuhkan pendidikan, namun
nyatanya tidak semua orang dengan mudah mendapatkan pendidikan yang layak.
Fakta pendidikan di
Indonesia
Pendidikan yang terjamin adalah
pendidikan yang terdapat pada sekolah yang memiliki fasilitas lengkap. Dengan
memiliki fasilitas yang lengkap, para peserta didik akan tetap “up-to-date”,
pengetahuan siswa semakin bertambah dan mengikuti sesuai dengan perkembangan
zaman. Namun tidak semua sekolah memiliki fasilitas yang lengkap, hanya
sekolah-sekolah tertentu saja yang memiliki fasilitas yang lengkap. Pada
dasarnya, fasilitas sangat dibutuhkan oleh para siswa untuk memahami bidang
studi yang dipelajarinya.
Bangsa ini sudah 68 tahun merdeka,
namun pendidikan di Indonesia masih saja belum setara antara daerah yang satu
dengan daerah yang lain. Daerah yang berada di pusat perkotaan, mereka lebih
cepat memperoleh perhatian dari pemerintah sementara daerah yang berada di
pelosok jauh dari perhatian pemerintah sehingga pendidikan yang ada dikota
berbeda tingkatan dengan pendidikan yang ada didesa.
Sebagai contoh, di kota siswa kelas
satu sekolah dasar telah diperkenalkan dan diajarkan cara untuk mengoperasikan
komputer sementara didesa siswa kelas satu sekolah dasar masih belajar cara
untuk membaca. Ini merupakan salah satu perbedaan yang terjadi antara siswa
kota dengan siswa desa dan ini
membuktikan bahwa pendidikan antara di kota dan desa masih belum setara.
Faktor penyebab
kesenjangan
Beberapa faktor yang menyebabkan
kesenjangan pendidikan di desa dan di kota yaitu faktor geografis, faktor
ekonomi yang ada dikota dan didesa, dan tingkat kesadaran masyarakat untuk
menyekolahkan anaknya. Dikota, masyarakat menganggap pendidikan itu sangat
penting untuk anak-anak mereka karena dengan pendidikan anak-anak mereka kelak
dapat sukses dengan prestasi yang dapat digapainya namun didesa pendidikan itu
dianggap hanya membuang uang saja karena pendidikan di Indonesia yang relatif
mahal dan belum dapat dipastikan kelak setelah lulus sekolah anak-anak mereka
mendapat pekerjaan yang layak.
Faktor lain yang membedakan
pendidikan didesa dan dikota adalah dari sistem pola pengajaran dan iptek.
Dikota, pola pengajaran sudah cukup
modern diantaranya guru sudah mulai menerapkan pengajaran edukatif seperti
menggunakan media online dan LCD proyektor serta penggunaan internet yang
sangat membantu dalam mencari berbagai hal/materi yang tidak diterangkan oleh
guru dan tidak ada dalam buku mata pelajaran serta siswa mulai mampu
menggunakan iptek dengan baik untuk pembelajaran sedangkan didesa guru masih
menggunakan pola pengajaran yang sederhana yaitu dengan hanya menggunakan papan
tulis dan tidak dapat mengajar menggunakan LCD proyektor atau media online
karena keterbatasan pengetahuan tentang teknologi dan tidak adanya alat yang
digunakan dalam proses pembelajaran serta hanya menjelaskan materi yang
terdapat pada buku.
Akses jalan juga bisa menjadi
faktor atas kesenjangan pendidikan
didesa dan dikota. Dikota, banyak terdapat alat transportasi umum yang dapat
digunakan untuk menempuh jarak menuju sekolah sementara didesa tidak semua desa
memiliki alat transportasi umum dan tidak semua pula didesa terdapat sekolah
sehingga para siswa yang ada dipelosok harus berangkat pagi buta menuju
kesekolah agar dapat sampai disekolah mereka tepat waktu dan ini dapat membuat
para orang tua didesa pelosok melarang anak mereka untuk bersekolah.
Seharusnya pemerintah harus
memperhatikan hal ini, karena para siswa yang sekarang adalah calon penerus
bangsa ini di masa mendatang apabila terjadi kesenjangan antara pendidikan
didesa dan dikota ini secara terus menerus dan tidak segera diatasi maka dapat
berakibat buruk pada bangsa ini. Dan juga pemerintah harus segera menyelesaikan
tugasnya dalam memperbaiki akses jalan menuju desa-desa terpencil agar mereka
tidak berlarut-larut dalam keadaan yang tertinggal dan mempermudah para siswa menuju
kesekolah dengan adanya angkutan apabila jalan sudah diperbaiki.
0 komentar:
Posting Komentar